Apa Itu Cloudlinux?

05.03.2014

Apa itu Cloudlinux?

Cloudlinux adalah sebuah teknologi isolasi yang akan mengontrol dan membatasi jumlah sumber daya (CPU, proses entri dan memori) terhadap akun hosting.

Jadi jika sebuah akun hosting secara tiba-tiba dibanjiri traffic yang tinggi atau jika akun hosting sudah membutuhkan sumber daya CPU atau memory yang tinggi, yang biasanya akan membuat lambat seluruh akun hosting yang terdapat di server yang sama atau bahkan menyebabkan server secara keseluruhan tidak stabil, dengan teknologi Cloudlinux hanya akan membuat lambat akun hosting yang membutuhkan sumber daya lebih tersebut.

Aksimaya menggunakan teknologi Cloudlinux di semua layanan Shared Hosting Linux dan Reseller Hosting Linux.

Apa yang terjadi jika akun hosting saya melebihi batas sumber daya yang ditentukan ?

  • 500 Internal Server Error: Jika secara acak website pelanggn menampilkan halaman "500 Internal Server Error", maka berarti akun hosting pelanggan sudah mencapai batas memory limit. Pelanggan diharuskan mengoptimasi website agar dapat menghindar dari error ini, misal dengan menggunakan plugin cache atau melakukan optimasi script website.
  • 503 Error: Website akan menampilkan halaman "503 error" jika sebuah akun hosting sudah mencapai batas maksimal "concurrent connections" atau "Entry Processes".

Bagaimana saya bisa lihat penggunaan sumber daya akun hosting saya?

Untuk melihat statistik penggunaan sumber daya akun hosting, silahkan login ke kontrol panel hosting, lalu dibagian sisi kiri kontrol panel terdapat info "Quick Stats section". Atau jika ingin melihat secara detail, bisa masuk ke bagian "Resource Usage Statistics" klik menu "Resource Usage". Statistik ini akan membantu Anda memonitor penggunaan sumber daya akun hosting dan membantu memutuskan apakah perlu melakukan optimasi pada website atau mengupgrade paket hosting Anda.

Apakah saya diberitahukan jika akun saya sudah melebihi batas?

Sistem monitoring Cloudlinux kami akan mengirimkan email statistik penggunaan 1x dalam 24 jam (setiap jam 12 malam waktu server) jika dalam jangka 24 jam tersebut akun hosting pelanggan sempat /  sudah mencapai batas sumber daya.