Perbedaan Subdomain, Addon Domain, dan Parked Domain

25.02.2014

Tidak sedikit pelanggan yang menanyakan perbedaan antara Subdomain, Addon Domain, dan Park Domain. Berikut penjelasan perbedaan antara subdomain, Addon Domain, dan Park Domain, yang mudah-mudahan bisa membantu pelanggan aksimaya untuk lebih mengerti fungsi dari masing-masing diatas yang merupakan salah satu keunggulan layanan hosting kami.

Subdomain

Subdomain adalah nama yang merupakan bagian dari nama domain utama. Subdomain sering digunakan untuk membedakan fungsi atau bagian dari situs. Contoh situs aksimaya.co.id yang memiliki beberapa subdomain yang salah satunya adalah blog.aksimaya.co.id. Nama "blog" tersebut adalah merupakan subdomain dari domain utama-nya yaitu aksimaya.co.id. Blog.aksimaya.co.id kami buat sebagai situs blog kami. Contoh subdomain lainnya: mail.yahoo.com (Domain utamanya adalah yahoo.com), translate.google.com (Domain utamanya adalah google.com).

Apa saya harus membeli domain lagi untuk mendapatkan subdomain?

Untuk membuat subdomain tidak perlu membayar biaya tambahan apapun, tinggal buat saja di kontrol panel, dan pelanggan bisa bebas menambahkan dengan batasan jumlah sesuai paket layanan hosting yang diambil.

Addon domain

Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub-direktori sebuah situs sehingga domain tersebut akan menampilkan isi situs dari sub-direktori tersebut. Addon domain digunakan kalau ingin mempunyai beberapa situs dengan domain yang berbeda dalam satu account hosting. Dengan fitur ini anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan melalui kontrol panel hosting dan pelanggan akan mempunyai 2 situs yang aktif dengan isi berbeda.

Parked domain

Parked domain adalah domain yang diparkirkan diatas domain utama sehingga pada saat domain tersebut diakses akan menampilkan situs domain utama.